Sabtu, 18 Februari 2012

Resensi Cerpen "Katakan Cinta Dengan Warna"

 

A.    IDENTITAS BUKU
Judul Buku                : Katakan Cinta Dengan Warna
Nama Pengarang       : Primadona Angela
Nama Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Terbit                : Jakarta
Tahun Terbit              : 2010
Tebal Buku                : 144 lembar

B.     RINGKASAN CERPEN
Cerpen 1
Katakan Cinta Dengan Warna
Rieni yang menyukai Milo yang sudah berteman sejak TK memiliki warna atas cintanya pada Milo yaitu warna merah jingga. Rieni membuat sweater merah jinga untuk Milo. Rieni ingin mengungkapkan rasa cintanya pada Milo tapi dia tidak berani. Suatu hari Milo mengajak Rieni makan bersama dihari ulang tahunnya, dihari itu Rieni memberikan Sweter merah jingga pada milo. Dan pada hari itu juga Milo mengungkapkan cinta pada Rieni.
Cerpen 2
Saat Gerald Jatuh Cinta
Dave merasa heran pada sahabatnya yaitu Gerald yang tiba tiba berubah. Mulai dari tingkah laku dan penampilan yang serba rapid an terkesan lebih dewasa. Dave mencari tahu penyebab perubahan Gerald dn penyebabnya yaitu Gerald sedang jatuh cinta pada seorang wanita yang lebih dewasa darinya.
Pda suatu hari Gerald ingin menunjukkan kepada Dave wanita tersebut di sebuah kampus. Dave terkejut karena itu adalah kampus tempat  ibunya mengajar. Ketika Dave dan Geraid menunggu kedatangan wanita itu di kantin, tiba tiba wanita tersebut lewat dan tanpa disangka wanita itu tersenyum dan menuju mereka. Gerald terkejut ketika wanita itu mencium Dave. Dan Gerald semakin terkejut ketika Dave memperkenalkan wanita disampingnya adalah ibunya.
Cerpen 3
Taruna
Nina kecewa pada orangtuanya. Sebelumnya diperbolehkan berlibur ke Bali dengan syarat mendapat peringkat terbaik di kelasnya. Tetapi ketika dia berhasil mendapatkannya, orang tuanya tidak lagi mengizinkan untuk berlibur ke Bali. Disebabkan orang tuanya trlanjur berjanji pada sahabatnya untuk menemani anaknya yang bernama Taruna untuk berlibur selama satu bulan. Nina disuruh orang tuanya menemani Taruna selama satu bulan tersebut. Alhasil Nina merasa kecewa karena gagal berlibur ke Bali. Tetapi setelah melihat foto Taruna dia merasa senang karena berfikir anak yang akan berlibur di rumahnya itu adalah anak laki laki tampan yang mungkin cocok menjadi pacarnya. Dia tidak sabar dengan kedatangan Taruna. Akhirnya hari kedatangan Tarunapun tiba. Tetapi ketika melihat Taruna, dia merasa angan angan menjadi pacar seorang laki laki tampan itu pupus, karena Taruna adalah seorang perempuan tomboy tang terlihat tampan.
C.     KEPENGARANGAN
*      Latar Belakang             : Primadona Angela jatuh cinta pada buku sejak usia 3 atau 4       tahun. Sebelumnya pun imajinasinya aktif menguntai kisah dan puisi untuk dideklamasikan. Sejak membaca buku buku Enid Blyton, dia ssudah yakin bahwa suatu hari akan menjadi seorang penulis.
*      Karier kepenulisan        : Katakan Cinta Dengan Warna adalah buku keenam belasnya dan kumpulan cerpen keduanya.
*      Gaya bahasa                  : Mudah dipahami, menarik, sesuai dengan kehidupan remaja saat ini, menggunakan bahasa yang tidak baku.
*      Karya karyanya             : Katakan Cinta Dengan Warna, Ratu Jeruk Nipis, Ratu Preman
D.    UNSUR – UNSUR INTRINSIK CERPEN
Cerpen 1
a.    Tema                             : Cinta
b.    Alur                               : Campuran ( maju mundur )
c.    Penokohan                    : Milo = jail
                                       Marco = baik
                                      Rieni = pemalu
d.   Latar                             : Sekolah, caffe dan  halaman rumah
e.    Sudut pandang             : Orang ketiga pelaku utama
f.     Amanat                         : Jangan memendam rasa cinta dalam hati, lebih baik ungkapkan saja.
Cerpen 2
a.    Tema                             : Cinta
b.    Alur                               : Maju
c.    Penokohan                    : Gerald = Ceria
                                       Dave = Selalu ingin tahu
                                      Ibu Dave = Penyanyang
d.   Latar                             : Kampus
e.    Sudut pandang             : Orang ketiga pelaku utama
f.     Amanat                         : Kita harus selektif memilih pacar
Cerpen 3
a.    Tema                             : Cinta
b.    Alur                               : Campuran ( maju mundur )
c.    Penokohan                    : Nina = terlalu percaya diri, pintar
                                       Taruna = ramah, tomboy
                                      Orang tua Nina = tegas, pemaksa
d.   Latar                             : Dirumah Nina
e.    Sudut pandang             : Orang ketiga pelaku utama
f.     Amanat                         : Jangan menilai orang dari fisiknya saja.

E.   KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
Tema kumpulan cerpen cukup bagus karena sesuai dengan ceritanya. Banyak amanat yang diddpat dari buku karangan Primadona Angela ini terutama mengenai masalah percintaan remaja. Angela sungguh pandai bersastra karena gaya bahasa yang digunakan begitu menarik, mudah dipahami. Alurnya jelas dan penokohannya cukup berkarakter.
Tetapi buku ini memiliki beberapa kelemahan terutama pada unsur ekstrensiknya seperti kertasnya yang hanya dari kertas buram sehingga tidak menarik. Covernya juga kurang menarik dan kepengarangan Primadona Angela sangat singkat sehingga kita tidak bias mengenal lebih beliau. Pada unsur intrinsic, ceritanya terlalu mengekspos masalah cinta dan kurang sekali muatan yang mendidik.

F.   KESIMPULAN DAN SARAN          
a.    Kesimpulan
Kumpulan cerpen KATAKAN CINTA DENGAN WARNA ini bagus, yang menceritakan tentang dunia percintaan remaja. Unsur intrinsiknya pun lengkap dan gaya bahasanya mudah di mengerti sesuai dengan remaja masa kini. Tetapi dalam hal pengemasan bukunya kurang menarik. Sehingga kurang menarik pembaca.
b.    Saran
Ø   Walaupun Kumpulan Cerpen ini bertema cinta tapi seharusnya jangan 100 % menceritakan cinta, tapi sebaiknya diberi kisah tentang pendidikan, karier dan lainnya sehinggga lebih bermanfaat.
Ø   Dalam hal Cover dan kertas sebaiknya diperbaiki, kertasnya lebih baik menggunakan kertas HVS sehingga lebih jelas dan menarik